Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal Modal Kecil

Bagaimanakah cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang berhasil? Usaha beternak ikan nila merupakan salah satu alternatif bisnis yang sangat menjanjikan. Tak sedikit peternak yang telah meraup banyak keuntungan dan menjadi jutawan.

Bagi Anda yang ingin menjadi jutawan tidak perlu pusing dalam mencari peluang usaha terbaru yang benar-benar menjanjikan keuntungan tinggi. Sebab terkadang jenis usaha tersebut berada di hadapan Anda.

Usaha budidaya ikan nila sangat menguntungkan dengan daya serap pasar sangat tinggi. Dengan kemudahan teknologi dan sarana infrastruktur jalan akan membuat bisnis ternak ikan air tawar ini mudah untuk berkembang pesat.

Keuntungan Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Diantara banyak jenis usaha ternak ikan, mengapa harus budidaya ikan nila? Itulah pertanyaan yang mungkin Anda lontarkan. Salah satunya karena nila mudah berkembang biak secara cepat dan lebih tahan terhadap penyakit.

Selain itu pertumbuhan ikan nila sangat cepat. Bahkan dalam waktu empat bulan sampai lima bulan saja ternak ikan nila siap panen. Namun agar lebih efektif, sebaiknya pilih dan gunakan media kolam yang memiliki banyak keunggulan.

cara budidaya ikan nila di kolam terpal

Usaha ternak ikan nila merupakan bisnis yang tak mengenal istilah mati. Untuk Anda yang berminat menekuni bisnis ini, berikut ini beberapa kelebihan dan keuntungan cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang sebaiknya Anda tahu.

Usaha Modal Kecil

Untuk membuat kolam ikan beton atau semen yang luas untuk budidaya ikan nila membutuhkan biaya besar. Namun dengan kolam terpal, maka budidaya ikan nila dapat dilakukan dengan modal kecil. Cukup membeli plastik terpal untuk pembuatan kolam ukuran standar yang harganya berkisar Rp 500 ribu.

Mudah Dipindahkan

Kelebihan cara budidaya ikan nila di kolam terpal yakni dapat dengan mudah kita pindahkan. Sehingga saat harus pindah, Anda bisa memindahkan ke tempat yang masih kosong atau lebih tepat.

Kemudahan Proses Panen

Kelebihan media kolam terpal untuk budidaya ikan nila lainnya kemudahannya ketika panen tiba. Anda bisa mengambil hasil panen secara bertahap sesuai kebutuhan pasar. Anda bahkan bisa membagi kolam sesuai besarnya ikan sehingga waktu panen bisa Anda atur waktunya.

Tahapan Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Setelah mengetahui berbagai keunggulan, selanjutnya kita akan membatas tentang beberapa langkah penting yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha ini. Berikut ini tahapan cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang sebaiknya Anda tahu.

Pembuatan Kolam Terpal

Setelah Anda menemukan lokasi usaha yang tepat untuk ternak ikan nila, langkah penting yang harus Anda lakukan adalah pembuatan kolam terpal berdasarkan ukuran yang Anda butuhkan.

cara budidaya ikan nila di kolam terpal

Berikut ini tahapan-tahapan yang mesti dilakukan untuk membuat kolam terpal bagi usaha ternak nila.

  1. Menggali tanah dengan kedalaman 70 centimeter. Setelah itu meratakan tanah pada bagian dasar
  2. Pada bagian dasar susun batu bata hingga rata untuk memudahkan pembuatan kolam terpal secara sempurna
  3. Supaya kolam terpal tidak gampang rusak, maka pada bagian sisi berikan penyangga atau tanggul.
  4. Pada bagian dasar tanah yang sudah rata dengan batu bata kemudian berikan sekam secukupnya.
  5. Selanjutnya pasanglah terpal dengan hati-hati. Pada bagian sisi berikanlah pemberat supaya terpal tidak gampang tergeser
  6. Jangan lupa untuk membuat sanitasi air pada kolam terpal yang sangat penting terutama untuk memudahkan proses membersihkan kolam.
  7. Tahap terakhir adalah melakukan pengisian air pada kolam terpal secukupnya.

Memilih Bibit Ikan Nila yang Unggul

Tahapan cara budidaya ikan nila di kolam terpal selanjutnya adalah mencari tempat yang jual bibit ikan nila. Untuk memperoleh benih ikan nila dapat Anda lakukan dengan dua cara. Pertama, dengan cara mengawinkan indukan nila jantan dan betina. Cara kedua adalah membeli bibit ikan nila murah yang ukurannya sama.

bibit ikan nila super unggul

Anda bisa membeli ke peternak nila yang sudah berpengalaman. Harga benih ikan nila per ekor cukup murah sekitar Rp 100 sampai Rp 200. Harga bibit ikan murah berbeda-beda tergantung lokasi.

Untuk usaha ternak ikan nila yang berhasil Anda harus bisa menyediakan bibit ikan nila yang terbaik kualitasnya. Berikut ini beberapa tanda-tanda bibit ikan nila murah yang berkualitas.

  • Ikan mempunyai warna sama
  • Berat benih ikan sekitar 30 gram
  • Gerakan ikan lincah
  • Tubuh ikan tak ada cacat sedikitpun
  • Ukuran benih seragam sekitar 12 cm

Itulah tahapan penting cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang sebaiknya Anda perhatikan. Untuk proses pembesarannya, ikan nila tak berbeda dengan jenis ikan tawar lainnya, seperti lele, gurame, patin, atau yang lainnya. Yang penting berikan pakan secara rutin dan selalu pantau perkembangannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Your Thoughts