cara budidaya ikan gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus yang Benar dengan Bibit Unggul

Melakukan cara budidaya ikan gabus yang benar dengan bibit unggul merupakan setengah jalan menuju sukses. Benih ikan yang berkualitas akan sangat menentukan perkembangannya sehingga cepat besar dan panen.

Ikan gabus adalah jenis ikan yang dirasa paling sulit budidayanya oleh peternak ikan. Peternak ikan kerap mengeluhkan ikan tersebut tidak dapat berkembang secara maksimal atau tiba-tiba mati karena terkena terserang penyakit tertentu.

Oleh karena itu melaksanakan ternak ikan gabus memang memiliki metode tersendiri. Ada banyak peternak ikan yang belum mengetahui metode tepat berternak ikan gabus sehingga kerap kali hasil panen tidak sesuai dengan ekspektasi.

Cara Budidaya Ikan Gabus yang Benar

Apakah Anda ingin berternak ikan Gabus? Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Baik terkait pemilihan bibit ikan gabus unggul, pemilihan indukan yang unggul, pembuatan kolom yang tepat serta hal-hal lainnya.

cara budidaya ikan gabus

Jika Anda tertarik untuk melakukan usaha ternak ikan gabus, ikuti metode dengan langkah-langkah berikut ini. Hasil ternak gabus Anda akan maksimal dan tidak mengecewakan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara budidaya ikan gabus yang benar, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Persiapan Kolam

Langkah awal adalah anda harus menyiapkan kolam yang tepat untuk ikan gabus. Anda bisa memilih kolam tanah, beton, atau terpal. Jangan memilih kolam akuarium karena kurang cocok dengan habitat asli ikan tersebut.

Baca juga Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Gunakan kolam akuarium hanya untuk memindahkan ikan sementara dan mengambil larvanya. Setelah itu, alasi kolam dengan tanah gembur dan tambah dolomit yang berfungsi sebagai pengatur pH tanah. Diamkan hingga 5 hari atau hingga mikroorganisme seperti cacing bermunculan.

Jika sudah ada bisa mengisi kolam dengan air tanah dan biarkan selama 5 hari. Hal ini bertujuan supaya kutu air dan plankton berkembang biak dan berfungsi sebagai pakan alami tambahan. Usahakan anda tidak menggunakan air PDAM karena mengandung zat kimia.

Pemilihan Bibit Ikan Gabus

Bibit ikan gabus banyak orang jual di pasaran dengan berbagai jenis dan ukuran. Pilih bibit yang berukuran paling tidak 2 cm karena bisa kita pelihara langsung hingga panen. Salah satu ciri bibit unggul gabus adalah berenang cepat dan bisa mengikuti arus air.

Pemilihan Indukan Ikan Gabus

Hal terpenting dalam budidaya ikan gabus yaitu memilih indukan yang berkualitas. Indukan tidak hanya berasal dari ikan gabus betina, tetapi juga dari ikan jantan yang berkualitas.

Ada perbedaan antara ciri-ciri dari ikan gabus betina dan jantan. Yang mana ikan gabus betina kepalanya bulat dan yang jantan memiliki kepala oval. Sedangkan tubuh ikan betina berwarna lebih terang dan yang jantan berwarna lebih gelap.

Proses Penetasan Telur Gabus

Sebelum proses penetasan, ada proses pemijahan. Yang mana proses ini terjadi pada suatu kolam yang berisi 30 indukan jantan dan betina. Selama proses pemijahan, air pada kolam sebaiknya tetap mengalir. Agar ikan tidak mudah stres, tambahkan beberapa tanaman air.

ternak ikan gabus

Keuntungan membudidayakan ikan gabus adalah proses pemijahan bisa menghasilkan 11 ribu telur dan bsia menetas dalam waktu satu hari. Pada proses penetasan telur, pastikan kolam berada di posisi 20 derajat celsius.

Perawatan Larva dan Bibit Ikan Gabus

Cara budidaya ikan gabus slanjutnya adalah menebarkan bibit tersebut ke kolam yang sudah kita siapkan tadi. Biarkan anakan ikan itu menghabiskan pakan alami hingga 2 hari. Jika sudah anda bisa memberi pakan pelet sebanyak 2 kg per hari. Selain pelet, anda bisa menambahkan pakan alami seperti rayap, ikan curah, ikan teris, hingga sisa olahan dapur.

Perawatan ikan gabus menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya perawatan inilah yang menentukan kualitas panen. Sejak usia 2 hari ikan gabus harus kita beri makan 3 kali dalam sehari.

Lihat juga Cara Budidaya Ikan Bawal untuk Pemula

Hal ini bertujuan agar larva dapat tumbuh lebih cepat. Setelah anakan sudah berusia 2 minggu, harus kita lakukan penebaran benih. Setelah proses penebaran benih ini, beri makan tiga kali sehari menggunakan pelet.

Memberikan Pangan Bernutrisi

Ikan gabus tidak hanya mengonsumsi pelet, bisa juga makan ikan terkecil dan ampas daging. Untuk menghemat dalam budidaya ikan gabus, Anda bisa membuat makanan sendiri dari tahu dan jagung.

cara budidaya ikan gabus

Perawatan Kolam

Anda bisa membersihkan kolam yang berisi bibit ikan gabus setiap minggunya. Lakukan pembersihan kolam untuk mengecek kesehatannya sekaligus mengetahui kapan kira-kira ikan gabus siap dipanen.

Proses Panen

Nah, saat cara berternak ikan gabus yang selanjutnya yaitu melakukan panen. Setelahnya Anda bisa menjualnya di pasar dengan harga pada umumnya 1 ekor cukup mahal. Tapi ini berlaku untuk ikan gabus yang berkualitas. Dengan harga yang mahal, tentunya usah terak ikan ini sangat menjanjikan.

Demikianlah berbagai tahapan penting cara budidaya ikan gabus yang sebaiknya Anda perhatikan. Selain memilih bibit ikan gabus unggul, Anda juga perlu memberikan pakan bernutrisi yang memadukan pelet dan pakan buatan. Dengan manajemen yang baik tentunya akan meningkatkan efisiensi dan sekaligus kentungan dari hasil panennya.

Tinggalkan Balasan

Keranjang Belanja
%d blogger menyukai ini: