Panduan Cara Budidaya Ikan Bawal untuk Pemula agar Berhasil

Bagaimana panduan cara budidaya ikan bawal untuk pemula agar berhasil? Ikan bawal merupakan ikan konsumsi yang memiliki banyak nutrisi tinggi dengan rasa enak. Ikan bawal memiliki tubuh yang bulat dan pipih. Kulit pada tubuh berwarna keperak-perakan.
Bagi anda yang belum mengenalnya maka sangat tepat untuk membaca artikel ini.

Sentra usaha peternakan ikan bawal menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Mulai banyak orang yang berminat untuk membuka bisnis budidaya ikan bawal. Namun tanpa ilmu dan keterampilan yang dimiliki memadai maka usaha budidaya ikan bawal bisa gagal.

Tahapan Cara Budidaya Ikan Bawal

Lalu bagaimana cara berternak bawal yang baik dan benar? Bagi Anda yang mau membuka usaha ternak ini, berikut ini panduan cara budidaya ikan bawal untuk pemula secara lengkap yang bisa Anda lakukan.

Persiapan Lokasi Usaha

Setelah mempersiapkan indukan ikan bawal jantan dan betina maka selanjutnya mempersiapkan kolam sebagai tempat ternak. Anda bisa membuat kolam terpal atau memanfaatkan kolam tembok atau tanah yang telah ada sebelumnya. Namun yang paling bagus sebagai tempat untuk beternak ikan bawal adalah kolam tanah.

Pemupukan Media

Kolam tanah yang telah Anda siapkan tidak bisa langsung Anda gunakan untuk budidaya ikan bawal. Melainkan harus melalui proses pengapuran. Kolam tanah biarkan kering terlebih dahulu. Lalu balurkanlah kapur tohor sebanyak 25 kg. Hal tersebut penting supaya tanah dapat terbebas dari hama penyakit serta dapat meningkatkan kadar PH tanah.

cara budidaya ikan bawal

Pilihan selanjutnya adalah pemberian pupuk kandang pada kolam tanah yang telah diberi kapur. Ini boleh dilakukan dan juga boleh tidak. Jika ingin mendapatkan hasil optimal maka sebaiknya anda memberikan pupuk kandang pada kolam dengan patokan seluas 100 meter persegi dengan kisaran 25 kg hingga 50 kilogram.

Pengisian Air Kolam Ikan

Sesudah melalui proses pemupukan, langkah cara budidaya ikan bawal berikutnya adalah melakukan pengisian air hingga siap memasukkan ikan bawal. Untuk ukuran ketinggian air sebaiknya sekitar 3 centimeter. Apabila jumlah air dirasa kurang maka anda bisa melaksanakan penambahan air melalui tahapan hingga tiga hari.

Dengan demikian, ketinggian air bisa dikisaran 60 cm hingga 120 cm. Sebagai patokan jumlah air tergantung luas kolam dan jumlah ikan bawal yang mau diternakkan.

Pemilihan Bibit Ikan Bawal Unggul

Jika anda hanya membuka usaha budidaya pembesaran ikan bawal maka langkah cara budidaya ikan bawal paling penting adalah memilih bibit ikan bawal murah berkualitas baik. Yang membuat hasil panen ikan bawal dapat maksimal. Adapun tanda-tanda benih ikan bawal berkualitas baik antara lain:

  • Ukuran yang seragam dari 5 cm sampai 8 cm
  • Ikan bawal tidak sakit dan terbebas dari penyakit
  • Pergerakan ikan bawal lincah sekali
  • Memiliki warna yang sama
  • Kondisi tubuh ikan bawal tak mengalami kecacatan

Namun jika anda ingin mandiri maka bisa menghasilkan benih ikan bawal dengan mengawinkan indukan ikan bawal. Setelah mendapatkan kolam yang tepat untuk ternak ikan bawal maka selanjutnya kedua indukan ikan bawal betina dan jantan dimasukkan pada kolam.

Biarkanlah mereka hingga terjadi perkawinan. Setelah itu indukan ikan bawal betina akan bertelur sampai menetas menjadi anak ikan bawal dalam jumlah ratusan ekor. Cara termudah untuk mendapatkan benih ikan bawal disamping mengawinkan indukan adalah anda membelinya di para peternak ikan bawal setempat.

Penebaran Benih Ikan Bawal

Setelah kolam sudah terisi air, cara budidaya ikan bawal selanjutnya melakukan penebaran benih. Namun penebaran benih tidak bisa langsung dan sembarangan. Penyesuaian diri atau adaptasi ikan bawal mesti dilakukan supaya ikan tidak stres di tempat baru.

cara budidaya ikan bawal

Penebaran ikan bawal dengan cara melakukan pemindahan benih bawal dalam plastik ke kolam dengan cara pengendapan. Diamkan sampai satu hari. Sesudah tampak embun dalam bungkusan pastik maka bukalah plastik kemasan dan biarkan ikan bawal keluar dari bungkusan plastik.

Pemberian Pakan Ikan

Untuk pemberian pakan bisa berupa pakan pelet, pakan alami maupun buatan. Pemberian pakan haruslah jenis pakan yang berlemak dan memiliki kandungan protein tinggi agar ikan bawal tumbuh cepat besar dan sehat.

Memberi makanan ikan bawal bisa anda laksanakan sebanyak tiga kali dalam satu hari. Sewaktu-waktu pakan dicampur vitamin lipopolisakarida untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan bawal terhadap hama dan penyakit.

Memilih Indukan Ikan Bawal untuk Pembenihan

Tahap penting lainnya dalam cara budidaya ikan bawal adalah memilih indukan berkualitas untuk proses pemijahan supaya mendapatkan banyak anakan atau benih ikan bawal. Kecuali anda fokus dalam usaha pembesaran ikan bawal maka proses perkawinan ikan ini tidak Anda perlukan. Anda bisa membeli bibit ikan bawal murah berkualitas yang kemudian Anda pelihara pada kolam hingga siap panen.

Untuk budidaya ikan bawal dari nol maka anda bisa mencari indukan ikan bawal jantan dan betina. Indukan ikan bawal yang akan dijadikan benih ini tidak sembarang kualitas. Namun indukan yang memiliki kualitas baik supaya anakannya berkualitas baik juga.

Anda dapat membeli sepasang indukan ikan bawal dewasa jantan dan betina siap kawin pada peternak ikan bawal terdekat. Anda juga dapat membelinya dari penduduk yang beternak ikan bawal. Dalam cara budidaya ikan bawal yang baik, Anda juga harus mengenal ciri indukan yang bak untuk pembenihan.

Ciri Indukan Ikan Bawal Jantan

Adapun ciri indukan bawal jantan yang bagus untuk usaha ternak ikan adalah sebagai berikut.

  • Sudah berusia tiga tahun lebih dengan bobot 2 kg lebih
  • Mempunyai bentuk badan yang langsing
  • Memiliki kulit ikan kemerahan
  • Jika diraba pada bagian perut maka terasa kasar dan berisi

Ciri-Ciri Indukan Ikan Bawal Betina

Sedangkan yang menjadi tanda-tanda indukan ikan bawal betina, antara lain:

  • Pada bagian perut tampak lembek dan kendur
  • Warna kulit ikan lebih gelap
  • Mempunyai ukuran badan lebih pendek dan lebar
  • Usia ikan bawal sekitar 4 tahun dengan bobot 2 kilogram lebih

Tahapan Panen

Inilah tahapan cara budidaya ikan bawal yang menjadi dambaan para peternak ikan bawal yakni masa panen. Untuk waktu panen ikan bawal biasanya sesudah memakan waktu enam bulan dari saat menebarkan benih. Ikan yang sudah siap panen adalah yang sudah berbobot 500 gram.

Untuk cara panen ikan bawal dengan teknik pengurasan air. Yang dilanjutkan penangkapan ikan bawal menggunakan jaring yang lebar. Selanjutnya ikan bawal yang berhasil ditangkap masukkan pada wadah besar berisi air bersih.

Kebutuhan Modal Usaha Budidaya Ikan Bawal

Setelah membahas mengenai cara budidaya ikan bawal, ada banyak kelebihan usaha budidaya ikan bawal yang sebaiknya Anda tahu. Karena ini akan menjadi landasan dan pemberi semangat untuk lebih menguasai teknik dalam berternak ikan bawal yang baik dan benar.

Keunggulan usaha budidaya ikan bawal yang utama adalah permintaan pasar yang tinggi setiap harinya terhadap ikan bawal. Karena ikan ini sebagai makanan konsumsi sehari-hari sangat enak dan gurih dimakan sebagai pendamping nasi. Ditambah kandungan nilai gizi dan protein hewani sangat tinggi yang terkandung di dalamnya sangat diperlukan tubuh manusia.

Intinya ikan bawal sangat digemari berbagai kalangan anak-anak dan orang dewasa untuk dijadikan menu santapan sehari-hari. Melihat besarnya penggemar ikan bawal yang ditunjukkan dengan permintaan sangat tinggi terhadap ikan ini membuat usaha budidaya ikan bawal akan sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

Nah, untuk memulai cara budidaya ikan bawal pastinya memerlukan modal.. Namun usaha ternak ikan ini cenderung memerlukan modal tak terlalu besar. Berbeda dengan usaha lainnya yang bisa saja mengharuskan Anda menyiapkan modal yang besar.

Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 2 juta sudah bisa menjalankan usaha ternak ikan bawal. Adapun perinciannya untuk membeli peralatan budidaya, membeli bibit, pembuatan lahan dan kolam. Jika anda membutuhkan konsultasi atau ingin membeli tempat yang jual benih dan bibit ikan murah untuk usah atenak ikan, silahkan hubungi Sweyla Farm.

Demikian cara budidaya ikan bawal. Untuk kesuksesan bisnis budidaya ini membutuhkan sikap rajin dan kecermatan tinggi. Usahakan ikan bawal tidak stres untuk menghindarkan dari kematian. Monitor selalu perkembangannya dan jauhkan dari berbagai potensi penyakit hewan yang bisa mengancam.

Your Thoughts